Pemanfaatan Limbah Sekam Padi dan Jerami sebagai Pupuk Organik Cair (POC) sebagai Peluang Usaha Baru di Desa Bonder Kecamatan Praya Barat, NTB

  • Herdiana Herdiana Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Padi merupakan tanaman multifungsi yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Semakin banyak produksi beras maka semakin banyak pula limbah sekam dan jerami yang dihasilkan, padi adalah jenis tanaman yang multifungsi dimana buahnya dimanfaatkan untuk makan, kulit halusnya untuk pakan ternak dan kulit kasarnya untuk pupuk organic, batang pohon untuk bahan pembuatan sapu. Pada penggilingan padi semi konvensional limbah sekam dapat dijadikan lahan usaha baru yaitu POC (Pupuk Organik Cair). Lokasi penelitian berada di desa Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah-NTB selama 8 bulan dari bulan Januari sampai Agustus 2019. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, metode indepth interview dan SWOT. Gambaran usaha hanya memanfaatkan dedak halus sedangkan sekam digunakan sebagai bahan bakar batu bata yang dijual dengan harga murah 1000/karung dan jerami (batang padi) dibuang. Hasil analisis SWOT sebagai berikut strategi S-O meningkatkan volume penjualan, menciptakan pupuk yang berkualitas, memperluas jaringan pemasaran, Strategi W-O melakukan diferensiasi produk dan penggunaan alat modern. Strategi S-T dilakukan dengan meningkatkan promosi dan membuat izin usaha dan strategi W-T melakukan hubungan kemitraan dengan petani. Rencana dalam meningkatkan usaha dan untuk berdaya saing maka melakukan kemitraan dengan para petani di desa lain. Pemanfatan limbah sekam padi dan jerami sebagai POC sebagai peluang usaha baru yang dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

Published
Jan 29, 2020
How to Cite
HERDIANA, Herdiana. Pemanfaatan Limbah Sekam Padi dan Jerami sebagai Pupuk Organik Cair (POC) sebagai Peluang Usaha Baru di Desa Bonder Kecamatan Praya Barat, NTB. JURNAL AVESINA, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 36-40, jan. 2020. ISSN 2086-8960. Available at: <http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/avesina/article/view/204>. Date accessed: 10 apr. 2020.