GENERAL ANASTESI FACE MASK (GA FM) PADA PASIEN COMBUTIO GRADE II A

  • I Dewa Gede Oka Darsana Fakultas Kedokteran Universitas Islam AL-Azhar

Abstract

Teknik general anestesi inhalasi yang dilakukan dengan jalan memberikan kombinasi obat anestesi inhalasi yang berupa gas dan atau cairan yang mudah menguap melalui alat atau mesin anestesi langsung ke udara inspirasi. Pada pasien  combutio yang dilakukan tindakan debridement yang singkat (0,5 jam – 1 jam) tanpa membuka rongga perut, keadaan umum pasien cukup baik (status fisik ASA I atau ASA II) dengan jenis operasi meliputi operasi kecil dan waktu pasien akan kembali sadar penuh dalam waktu 15 menit dan tidak sadar yang berlangsung diatas 15 menit dianggap prolonged.


Tujuan dari laporan kasus ini adalah mendiskusikan penatalaksanaan anastesi dengan menggunakan Face Mask (Sungkup Muka). Face Mask dapat membantu mengubah kondisi pasien yang tidak bisa diventilasi menjadi bisa diventilasi.


Pasien seorang anak laki-laki usia 3 tahun datang sadar ke RSU Bangli oleh orangtua pasien dengan keluhan nyeri pada luka bakar sejak 4 hari yang lalu. Pasien dibawa ke rumah sakit pada tanggal 26 juli 2019. Pasien memilikiDiagnosis pre operatif Combutio grade II A, dengan status operatif ASA I.

Published
Oct 28, 2019
How to Cite
DARSANA, I Dewa Gede Oka. GENERAL ANASTESI FACE MASK (GA FM) PADA PASIEN COMBUTIO GRADE II A. JURNAL KEDOKTERAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 143-153, oct. 2019. ISSN 2460-9749. Available at: <http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/kedokteran/article/view/159>. Date accessed: 16 dec. 2019.
Section
Articles