Etika Publikasi

Jurnal Kompetitif: Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi adalah media publikasi ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian di bidang ekonomi baik bidang ekonomi pembangunan, manajemen maupun akuntansi yang belum pernah dipublikasikan. Jurnal ini sangat menghormati etika publikasi dan menghindari plagiarism. Jurnal Kompetitif : Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi tersedia dalam bentuk online (E-ISSN 2621-6620) dan cetak (P-ISSN 24260-5298) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas islam Al-Azhar. Jurnal ini telah memiliki edisi cetak yang dimulai untuk terbitan pertama Vol. 1 No. 1 September tahun 2015, hingga Vol. 4 No. 1 bulan Maret tahun 2018. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, bahwa Terbitan Berkala Ilmiah harus mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement). Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini didasarkan pada  Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu: Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi. Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu: pengelola jurnal, editor, reviewer/ mitra bestari, dan author/penulis.

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar sebagai penerbit bertanggungjawab untuk mempublikasikan jurnal secara teratur, menghargai hal-hal yang bersifat rahasia baik bagi author/ penulis, editor dan reviewer/ mitra bestari, membangun jaringan kerja sama dengan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain.

Tim editorial jurnal selain bertanggungjawab dalam gaya selingkung dalam jurnal, selain itu mengupayakan peningkatan mutu karya tulis, peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan.

Reviewer/ mitra bestari dalam jurnal bertugas dan bertanggungjawab untuk menelaah karya tulis, menjaga kerahasiaan, memberikan kritik, saran dan masukan dalam perbaikan karya tulis.

Author/ penulis bertanggungjawab penuh terhadap isi dari artikel yang akan dipublikasikan, mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam panduan penulisan Jurnal Kompetitif: Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi.

 

Dr. Drs. H. Sahar, S.H., M.M.

Editor-in-Chief

Jurnal Kompetitif Fakultas Ekonomi

Universitas Islam Al-Azhar Mataram