Uji Mutu Madu yang Beredar di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat Berdasarkan Aktivitas Enzim Diastase

  • Heri Winarni Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Madu dapat diperoleh dari hasil budidaya lebah atau dari lebah liar (madu hutan). Salah satu parameter penentu kualitas madu berdasarkan SNI 01-3545-2013 adalah enzim diastase. Provinsi Nusa tenggara Barat sebagai salah satu provinsi penghasil madu. untuk mengetahui tingkat kemurnian madu ditinjau dari hasil uji aktifitas enzim diastase pada madu yang diperdagangkan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa untuk tampilan warna, aroma, bentuk dan rasa memperlihatkan hasil yang sama akan tetapi dari hasil identifikasi enzim diastase, hanya sampel C yang positif
(warna kuning). Berdasarkan hasil uji aktivitas enzim diastase, hanya satu sampel madu yang memenuhi persyaratan SNI 01-3553-2013 yaitu lebih dari 3 DN.

Published
Dec 13, 2019
How to Cite
WINARNI, Heri. Uji Mutu Madu yang Beredar di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat Berdasarkan Aktivitas Enzim Diastase. LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-28, dec. 2019. Available at: <http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/mathscience/article/view/191>. Date accessed: 10 apr. 2020.