PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR PADA KELAS VII SMP ASTRA MAKMUR JAYA
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk menjadikan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran IPA berbasis lingkungan pada Kelas VII
di SMP Astra Makmur Jaya. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar pada Kelas VII SMP Astra Makmur Jaya merupakan usaha nyata dalam rangka menerapkan Kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah (scientific appoach). Peserta didik dapat secara langsung mempelajari objek yang dipelajari, misalnya pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dan Ekosistem di lingkungan sekitar sekolah.