Uji Kuat Tekan Beton Pada Struktur Rumah Tahan Gempa Jenis RIKO (Rumah Instan Konvensional) Di Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Dengan Menggunakan Hammer Test

  • Juanita Juanita Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Pada bulan Agustus tahun 2018 gempa bumi dengan kekuatan 7 SR. Menimpa Pulau Lombok diikuti dengan banyak sekali gempa susulan, yang mengakibatkan banyak sekali kerusakan pada rumah masyarakat, khususnya di Kabupaten Lombok Utara yang sangat sering menjadi pusat gempa menjadikannya daerah terparah yang terdampak, akibat dari banyaknya kerusakan, pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat untuk membangun kembali rumah mereka dengan struktur Rumah Tahan Gempa (RTG), dalam proses pembangunannya terjadi dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang bersamaan dengan pengawasan pekerjaan yang minim, maka dari itu peneliti ingin melakukan uji kuat tekan beton pada rumah-rumah tersebut, untuk mengetahui apakah pekerjaan yang dilaksanakan sudah memenuhi mutu beton yang diinginkan atau belum. Dalam pengujian ini, peneliti melakukan pengujian dengan metode non destruktive test dengan menggunakan alat hammer test pengujian ini dipilih karena benda uji merupakan struktur rumah-rumah yang sudah jadi, pengujian dilakukan pada rumah tahan gempa jenis RIKO (Rumah Instan Konvensional), pengujian dilakukan pada struktur sloof, kolom, dan balok, langkah-langkah pengujian mengacu pada SNI. 03-4430-1997. Dari hasil pengujian dan analisa data, didapatkan bahwa rumah yang terbangun rata-rata belum mencapai mutu beton yang diinginkan, dimana mutu beton rencana adalah mutu beton K175, akan tetapi yang didaptkan di lapangan adalah mutu  beton K118, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor (1) faktor cuaca saat pengujian, (2) faktor pengawasan pekerjaan, (3) faktor campuran beton, (4) faktor pengerjaan, (5) faktor perawatan, (6) faktor kualitas material, dan (7) faktor ketersediaan material.

Published
Feb 27, 2021
How to Cite
JUANITA, Juanita. Uji Kuat Tekan Beton Pada Struktur Rumah Tahan Gempa Jenis RIKO (Rumah Instan Konvensional) Di Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Dengan Menggunakan Hammer Test. JURNAL AVESINA, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 1-6, feb. 2021. ISSN 2086-8960. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/avesina/article/view/341>. Date accessed: 20 june 2021.