Pendekatan Keteladanan Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiah Nahdlatul Mujahidin Nw Jempong Utara Kecamatan Ampenan

  • Sahwan Sahwan Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar dampak pendekatan keteladanan dalam yang dilakukan oleh para dewan guru dan mengetahui hambatan dan kemudahan yang dihadapi oleh dewan guru dalam pembinan karakter siswa di MTS Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Utara Kecamatan Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif untuk menghimpun informasi dengan menggungkap data dan menggambarkan kejadian-kejadian, fenomena yang terjadi di lapangan sebagaimana adanya. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik, wawancara, dan observasi kepada para dewan guru dan kepala sekolah di MTS Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Utara Kecamatan Ampenan. Hasil penelitian menggambarkan usaha yang telah dilakukan para dewan guru dalam pembinaan karakter siswa di MTS Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Utara Kecamatan Ampenan tidak hanya berkenaan dengan sopan santun, dalam beucap, bergaul, bersikap dan prilaku dalam kehidupan sehari- hari. Akan tetapi seorang guru mampu memberikan tauladan yang tercermin  dalam tuturkata dan prilakunya dalam kehidupan ataupun dalam pembinaan imtaq yang diprogramkan sekolah sehingga pembinaan karakter peserta didik akan berjalan baik, disitulah tempat penempaaan hati para siswa melalui bacaan Al-Qur’an, mapun  ceramah tentang sifat-sifat sabar, syukur, bertanggungjawab, adil, jujur, pemaaf dan kesemua sifat tersebut mesti tercermin dalam kepribadian guru. Simpulan dalam membentuk karakter peserta didik, selain dengan memberikan ilmu pengetahuan sangat penting juga tauladan baik dalam berucap dan berperilaku kepada siapapun sehingga peserta didik aka meniru dan mempraktekkan apa yang dia lihat dan dia ketahuinya dengan demikian akan terbentuk perserta didik menjadi anak yang berahklak baik dan berkarakter mulia baik kepada orang tua, guru, teman dan masyarkat pada umumnya.

Published
Jun 30, 2020
How to Cite
SAHWAN, Sahwan. Pendekatan Keteladanan Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiah Nahdlatul Mujahidin Nw Jempong Utara Kecamatan Ampenan. AVESINA: MEDIA INFORMASI ILMIAH UNIVERSITAS ISLAM AL-AZHAR, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 22-34, june 2020. ISSN 2086-8960. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/avesina/article/view/344>. Date accessed: 29 mar. 2024.