ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA

Jalan AA Gde Ngurah Kota Mataram

  • Husnul Khotimah Universitas Islam Al-Azhar
  • Jauhari Prasetiawan

Abstract

Ruas jalan AA Gde Ngurah merupakan salah satu jalan kolektor primer di Kota Mataram dengan lalu lintas yang ramai, karena jalan ini memiliki fungsi yang penting dalam menunjang kegiatan masyarakat seperti perdagangan, perkantoran, serta angkutan barang dan jasa. Adanya beberapa kerusakan seperti retak-ratak, gelombang, lubang, dan tambalan menunjukan menurunnya kemampuan jalan dalam menerima beban. Sehingga perlu adanya upaya pemeliharaan dan perbaikan untuk menjaga kinerja jalan.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PCI (Pavement Condition Index) yang ditentukan berdasarkan 3 faktor, yaitu jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan jumlah atau kerapatan kerusakan. PCI merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar antara 0 sampai dengan 100 , nilai 0 menunjukan perkerasan dalam kondisi gagal dan nilai 100 dalam kondisi baik.


Berdasarkan hasil penelitian, jenis kerusakan yang terjadi sebagian besar berupa retak kulit buaya (alligator cracking) sebesar 43,39% pada ruas jalan AA Gde Ngurah. Nilai PCI rata-rata pada Ruas Jalan AA Gde Ngurah sebesar 70 (fair). Jenis penanganan pemeliharaan yang dapat dilakukan sesuai dengan Metode Standar Bina Marga 1995 yaitu P2 (pengaspalan setempat), P4 (pengisian retakan), P5 (penambalan lubang), dan P6 (perataan).

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
KHOTIMAH, Husnul; PRASETIAWAN, Jauhari. ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA. JURNAL HANDASAH, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-29, mar. 2021. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/handasah/article/view/362>. Date accessed: 22 sep. 2021.
Section
Articles