Kajian Laboratorium Pengaruh Rendaman Terhadap Durabilitas Dan Kuat Tarik Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (Ac-Wc) Dengan Bahan Tambah Ethylene Vinyl Acetate (Eva)

  • Hendrawan Hendrawan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Qomarul Huda Badaruddin

Abstract

Genangan air yang menutup permukaan jalan dalam jangka waktu yang lama mampu menurunkan durabilitas perkerasan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kinerja aspal penetrasi 60/70 adalah dengan modifikasi aspal. Penelitian ini menggunakan aspal modifikasi Ethylene vinyl accetate (EVA) sebagai bahan pengikat campuran AC-WC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rendaman air banjir terhadap durabilitas campuran aspal dengan pengikat aspal modifikasi EVA. Pengujian yang dilakukan untuk mengetahui durabilitas dan kuat tarik campuran AC-WC terhadap pengaruh rendaman adalah pengujian Marshall dan pengujian kuat tarik tidak langsung (ITS). Hasil pengujian Marshall yaitu indeks kekuatan sisa (IKS), indeks durabilitas pertama (IDP) dan indeks durabilitas kedua (IDK), sementara hasil pengujian ITS adalah nilai tensile strength ratio (TSR). Benda uji untuk campuran AC-WC dibuat pada kadar aspal optimum (KAO) kemudian dilakukan perendaman menggunakan air laboratorium. Perendaman dilakukan secara menerus dan berkala, perendaman menerus dengan waktu 0, 1, 2, 3, dan 6 hari, sedangkan untuk perendamaan berkala dengan waktu 3 hari rendaman 7 hari ekspose dengan periode 0, 3, 3-7, 3-7-3, 3-7-3-7 hari. Hasil penelitian diketahui bahwa durabilitas campuran AC-WC dengan pengikat aspal penetrasi 60/70 dan aspal modifikasi EVA mengalami penurunan seiring lama perendaman. Penurunan durabilitas terbesar campuran terjadi pada perendaman menerus selama 6 hari. Nilai IKS, IDP, IDK, dan TSR untuk campuran AC-WC dengan pengikat aspal penetrasi 60/70 adalah sebesar 70.49%, 27.22%, 20.33% dan 51.30%, sementara nilai IKS, IDP, IDK dan TSR untuk campuran AC-WC dengan pengikat aspal modifikasi EVA sebesar 86.60%, 10.97%, 8.18% dan 78.89%. Hal ini menujukan bahwa campuran AC-WC dengan pengikat aspal modifikasi EVA memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan campuran AC-WC dengan pengikat aspal penetrasi 60/70.

Published
Oct 1, 2021
How to Cite
HENDRAWAN, Hendrawan. Kajian Laboratorium Pengaruh Rendaman Terhadap Durabilitas Dan Kuat Tarik Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (Ac-Wc) Dengan Bahan Tambah Ethylene Vinyl Acetate (Eva). JURNAL HANDASAH, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 13-23, oct. 2021. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/handasah/article/view/429>. Date accessed: 01 dec. 2021.