Analisis Laju Infiltrasi Tanah Dangkal pada Sub-DAS Pelangan kKbupaten Lombok Barat

  • M. Arifudin Fahmi Program Studi Teknik Sipil unizar
  • Restusari Evayanti

Abstract

Berdasarkan Peta Daerah Aliran Sungai (DAS) Wilayah Lombok Tahun 2012, Dusun Lendang Guar berada di wilayah DAS Pelangan yang memiliki luas 67,28 km2. Dalam DAS ini terdapat Sub-DAS yang berpotensi memiliki ketersediaan air tanah yang lebih besar, ditinjau dari kondisi topografinya yang berupa lembah atau cekungan yang dapat mengumpulkan air hujan yang di infiltrasi, maka dibutuhkan sebuah penelitian yang mengkaji tentang kemampuan infiltrasi tanah di Sub-DAS Pelangan untuk mengetahui kondisi tanah, laju infiltrasi, kapasitas infiltrasi dan laju resapan sebagai acuan dalam pengembangan penyediaan air, terutama untuk mengetahui gambaran ketersediaan air di daerah sekitar sumber air ditinjau dari kondisi tanah, laju infiltrasi dan kapasitas infiltrasi serta laju resapan di wilayah Sub-DAS tersebut.


Dalam penelitian ini dilakukan dua tahap pengujian yaitu pengujian laju infiltrasi yang dilakukan langsung di lapangan dan tahap kedua pengujian sifat fisik tanah yang dilakukan di Laboratorium.


Hasil analisis laju infiltrasi di Sub-DAS Pelangan sebesar 16,38 cm/jam. Dalam hal ini digunakan Metode Horton dalam menduga besarnya kapasitas infiltrasi didapat hasil pengujian di lapangan, koefisien korelasi sebesar 0,880 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Dan Kapasitas infiltrasi rata-rata yang didapat adalah 35,12 cm/jam yang berarti sangat cepat. Persentase koefisien resapan rata-rata di Sub-DAS Pelangan sebesar 89%, artinya curah hujan yang terinfiltrasi ke dalam tanah adalah 89% dari keseluruhan curah hujan, dan sisanya akan menjadi air larian/limpasan permukaan. Sedangkan laju resapan rerata air tanah pada sebesar 0,024 m3/jam. Jadi dapat diperkirakan bahwa pada setiap 1 m2 tanah memiliki potensi laju resapan sebesar 0,024 m3/jam.

Published
Oct 1, 2021
How to Cite
FAHMI, M. Arifudin; EVAYANTI, Restusari. Analisis Laju Infiltrasi Tanah Dangkal pada Sub-DAS Pelangan kKbupaten Lombok Barat. JURNAL HANDASAH, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 6-12, oct. 2021. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/handasah/article/view/436>. Date accessed: 07 dec. 2021.