INTERVENSI KESEHATAN WASPADA DEMAM BERDARAH (DBD) DI KELURAHAN TURIDA TAHUN 2017

  • Diani Sri Hidayati Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar
  • nisiaputri rinayu fakultas kedokteran unizar

Abstract

Perubahan musim yang ekstrim dapat memicu timbul dan berkembangnya berbagai macam penyakit yang mungkin dapat menjadi wabah berbahaya bagi masyarakat. Musim hujan menyuburkan datangnya jentik-jentik nyamuk yang menjadi sumber penyakit bila keadaan lingkungan tidak terjaga dengan baik, seperti pada sisi kebersihan serta kerapian lingkungannya. Diperlukan adanya suatu usaha penyadaran masyarakat tentang bahaya penyakit DBD.
Usaha-usaha yang dapat dilakukan adalah yang bersifat aktif dan persuasive guna mengajak bersama masyarakat untuk memerangi sertamen cegah penyebaran penyakit DBD untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat KelurahanTurida dalam upaya mencegah penyakit DBD, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kegiatan pencegahan DBD, dan memberikan pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang DBD. Metodenya adalah “Waspada DBD“. Bentuk kegiatan yang dilakukan ada tiga, yaitu; penyuluhan, pembagian abate dan program PJB (PemantauanJentikBerkala), dan pemasangan poster.
Hasil penyuluhan dihadiri oleh masyarakat Turida dari lima lingkungan yang berjumlah 56 orang. Dalam penyuluhan ini dipaparkan tanda dan gejala DBD,cara pencegahan, kegunaan abate juga memberi sosialisasi cara mengisi kartu jumantik untuk setiap KK. Pembagian Abate dan Program PJB (Pemantauan Jentik Berkala). Program PJB dan pembagian abate ini dilakukan bersamaan untuk tiga lingkungan yaitu Turida Barat Turida Timur dan Lendang Lekong. Poster dipasang di pertengahan lingkungan Turida Barat danTuridaTimur juga di lingkungan Lendang Lekong. Penelitian ini kurang maksimal karena di hadiri oleh 56 warga sehingga belum dapat mewakili populasi Kelurahan Turida selain itu tidak diketahui tingkat efektifitas penyuluhan terhadap pengetahuan masyrakat.

Published
Feb 18, 2019
How to Cite
HIDAYATI, Diani Sri; RINAYU, nisiaputri. INTERVENSI KESEHATAN WASPADA DEMAM BERDARAH (DBD) DI KELURAHAN TURIDA TAHUN 2017. JURNAL KEDOKTERAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 544-547, feb. 2019. ISSN 2620-5890. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/kedokteran/article/view/70>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36679/kedokteran.v3i2.70.
Section
Articles