PRIORITAS MASALAH DIARE PADA BALITA AKIBAT KURANGNYA PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENYAKIT DIARE DI KELURAHAN MANDALIKA TAHUN 2017

  • Deny Sutrisna Wiatma Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar
  • Suci Nirmala Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Di Puskesmas Cakra negara terdapat 4 masalah tersering yang terjadi di kelurahan Bertais yaitu, ISPA, Diare, Demam Berdarah dan cakupan imunisasi yang rendah. Mengetahui akar permasalah diare yaitu kurangnya pengetahuan masyrakat terhadap pentingnya kebersihan, dengan metode Delbeecq yatiu penentuan prioritas masalah dalam komunitas tampa melakukan diskusi antar anggota, sehingga diperoleh akar penybab dari diare adalah kurangnya pengetahuan masyrakat terhadap pentingnya kebersihan. Kesimpilan : Masalah kesehatan di Basretais yang prioritas adalah diare pada balita yang dipengaruhi oleh pengetahuan ibu tentang diare.

Published
Feb 18, 2019
How to Cite
WIATMA, Deny Sutrisna; NIRMALA, Suci. PRIORITAS MASALAH DIARE PADA BALITA AKIBAT KURANGNYA PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENYAKIT DIARE DI KELURAHAN MANDALIKA TAHUN 2017. JURNAL KEDOKTERAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 548-551, feb. 2019. ISSN 2620-5890. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/kedokteran/article/view/71>. Date accessed: 20 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36679/kedokteran.v3i2.71.
Section
Articles