Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani Di SMA Al-Furqan Jember

  • Sofyan Rofi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Hairul Huda Universitas Muhammadiyah Jember
  • Afifatul Karimah Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode Ummi yang di gunakan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di SMA Al-Furqan Jember.dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dimana penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan data dan untuk pengumpulan datanya  melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.serta untuk analisis data dilakukan dengan mereduksi data,menyajikan data dan disimpulkan. untuk penguji keabsahan data  meliputi : kredibilitas (kepercayaan) dan konfirmabilitas (kepastian).hasil temuan menunjukan bahwasanya proses pembelajaran Al-Qur’an metode ummi memiliki empat model pembelajaran yaitu privat individual,klasikal individual,klasikal baca simak dan klasikal baca simak murni. dalam pembelajrannya model pembelajaran metode ummi yang sering digunakan yaitu klasikal baca simak dan klasikal baca simak murni.dalam proses pembelajarannya terdapat evaluasi diantaranya yaitu ujian lisan dan ujian tulis.selain itu untuk mencetak generasi qur’ani di SMA Al-Furqan Jember bekerja sama dengan Ummi Faondation Pusat untuk mengadakan sertifikasi guru ummi dengan syarat mutlak yaitu lulus tashih,tahsin dan supervise guru. Dan dalam proses pembelajarannya ada faktor  pendukung  yaitu : kedislipinan guru, semangat siswa, fasilitas,sumber media yang memadai serta jurnal penilaian yang lengkap.faktor  penghambat yaitu : kemalasan siswa dan hubungan “segitiga emas”(hubungan  keluarga,guru dan lingkungan siswa) yang kurang mendukung, serta kemampuan siswa yang bervariasi dalam membaca Al-Qur’an.


 


 

Published
Aug 23, 2021
How to Cite
ROFI, Sofyan; HUDA, Hairul; KARIMAH, Afifatul. Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani Di SMA Al-Furqan Jember. LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 43-47, aug. 2021. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/mathscience/article/view/406>. Date accessed: 01 dec. 2021.