Pembinaan Akhlak Dalam Penanggulagan Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Hidayatullah Karang Baru Kebun Sari Ampenan

  • Sahwan Sahwan Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar dampak pembinaan ahklak yang dilakukan oleh para guru dan mengetahui hambatan dan kemudahan yang dihadapi oleh guru dalam pembinanahklak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamati fenomena yang terjadi di lapangan secara alamiah. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam penyajian dan menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan pembinaan akhlak merupakan proses perbuatan penanaman nilai-nilai budipekerti, baik hubungan kepadaAllah Swt, maupun kepada sesama manusia, yang di lakukan secara berdayaguna untuk memperoleh kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Proses pembinaan akhlak siswa dibutuhkan kerja keras, kerja sama dan kerja cerdas, karena akhlak yang mulia tidak lahir berdasarkan keturunan atau secara tiba-tiba, akan tetapi membutuhkan waktu yang panjang,oleh karena itu proses pembinaan akhlak disekolah harus disistematisasikan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesimpulan menggambarkan usaha yang telah dilakukan para dewan guru dalam pembinaan ahklak siswa di MA Hidayatullah Karang Baru Kebun Sari Ampenan, tidak hanya berkenaan dengan sopan santun, dalam beucap, bergaul, bersikap dan berprilaku dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi program imtaq setiap juamat juga memberikan kontribusi dalam pembinaan akhlak yang diprogramkan sekolah, disitulah tempat penempaaan hati para siswa melalui tauladan yang diperlihatkan para dewan guru.

Published
Feb 27, 2021
How to Cite
SAHWAN, Sahwan. Pembinaan Akhlak Dalam Penanggulagan Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Hidayatullah Karang Baru Kebun Sari Ampenan. JURNAL AVESINA, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 14-22, feb. 2021. ISSN 2086-8960. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/avesina/article/view/343>. Date accessed: 20 june 2021.