Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Perkotaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI)

(Studi Kasus : Jalan Perkotaan Kabupaten Lombok Tengah )

  • Asmini Pentiana Universitas Islam Al-Azhar
  • Auliya Isti Makrifa

Abstract

Ruas-ruas jalan  diwilayah perkotaan  Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki volume lalulintas yang tinggi yang dapat mengakibatkan penurunan kwalitas jalan maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan perkotaan di Kabupaten Lombik Tengah .


            Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Pavment Condition Index  (PCI) yang di tentukan berdasarkan 3 faktor , yaitu tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, dan jumlah atau kerapatan kerusakan PCI ini merupakan index numerik yang nilainya berkisar 0 sampai 100 dengan nilai 0 menunjukan perkerasan ruas jalan dalam kondisi gagal dan nilai 100 dalam kondisi baik.


            Berdasarkan hasil penelitian pada 4 ruas jalan perkotaan nilai PCI rata-rata pada ruas jalan Gajah Mada sebesar 87,6 sempurna (excellent), ruas jalan Sudirman sebesar 49 sedang (fair), ruas jalan TGH. Lopan sebesar 54,6 sedang (fair), dan ruas jalan Pejanggik sebesar 48,4 sedang (fair). Jenis pemeliharan yang dapat dilakukan sesuai dengan standar Bina Marga 1995 yaitu P2 (pengaspalan setempat ), P4 (Pengisian retakan ), P5 (penambalan lubang ), P6 (Perataan).

Published
Oct 1, 2021
How to Cite
PENTIANA, Asmini; MAKRIFA, Auliya Isti. Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Perkotaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI). JURNAL HANDASAH, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-5, oct. 2021. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/handasah/article/view/438>. Date accessed: 01 dec. 2021.