Yunita Aprilina IDENTIFIKASI KAWASAN TIGA GILI DI KECAMATAN PEMENANG, KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • yunita aprilina Program Studi Teknik Sipil unizar

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang menjadi andalan di kabupaten Lombok Utara. Bukan hanya kaya akan aneka hasil alam, kabupaten ini juga sangat kaya akan objek wisata alam yang selalu memukau pengunjung. Kawasan Tiga gili yang terdiri dari gili Terawangan, gili Air, dan gili Meno merupakan kawasan yang memiliki daya tarik dan dikenal hingga ke mancanegara. Kawasan tiga gili memiliki luas lahan 678 ha dengan jumlah penduduk 6.534 jiwa dengan rasio kepadatan 963,72 jiwa/km2.


Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang termasuk dalam kawasan tiga gili tergabung menjadi satu desa yaitu desa Gili Indah. Sebagai kawasan pariwisata, Gili indah diharapkan mampu menjadi kawasan yang bukan hanya memberikan kenyamanan bagi masyarakat lokal sekitar tetapi juga bagi para pendatang khususnya wisatawan. Permasalahan dalam pengembangan kawasan menjadi hal yang sering ditemukan. Sehingga diperlukan identifikasi kawasan untuk menentukan fasilitas yang diperlukan dalam pengembangan kawasan selanjutnya. 


Adapun variabel yang termasuk kedalam identifikasi anatara lain Fisik  bangunan  perumahan  permukiman  serta intensitas bangunan yang terdapat didalamnya, status Kepemilikan Tanah, Kondisi Jalan, Kondisi drainase, Ketersediaan air bersih, Pengolahan air limbah, Pengelolaan persampahan, Proteksi terhadap kebakaran, Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat dan Pertimbangan lainnya. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan  teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil identifikasi, diperoleh bahwa permasalahan kawasan tiga gili yakni Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Indah, adalah permasalahan sanitasi, drainase, pengelolaan sampah serta kondisi bangunan pemukiman masyarakat yang masih kurang memadai. Dengan nilai kualitas kawasan adalah Gili Trawangan 30, Gili Air 31 dan Gili Meno 33. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa  kawasan tiga gili tergolong kedalam kawasan pesisir pantai kumuh ringan.

Published
Mar 31, 2022
How to Cite
APRILINA, yunita. Yunita Aprilina IDENTIFIKASI KAWASAN TIGA GILI DI KECAMATAN PEMENANG, KABUPATEN LOMBOK UTARA. JURNAL HANDASAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 21-27, mar. 2022. Available at: <http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/handasah/article/view/646>. Date accessed: 12 may 2024.