PENGARUH PERENDAMAN BETON MENGGUNAKAN FERMENTASI AIR NIRA TERHADAP NILAI KUAT TEKAN BETON

  • juanita _ Program Studi Teknik Sipil unizar

Abstract

Dalam proses pembangunan suatu konstruksi kerap terjadi kesalahan dalam pengecoran akibat dari kelalaian pekerja konstruksi. Hal ini menyebabkan harus dibongkarnya konstruksi yang sudah dibuat. Untuk memudahkan proses penghancuran atau pembongkaran konstruksi, biasanya pekerja  memanfaatkan air nira yang sudah di fermentasi (air nira yang berwarna merah muda) dengan cara menyiramkan air nira ke bagian yang ingin dihancurkan. Setelah disiram dengan air nira struktur beton menjadi lebih mudah dihancurkan. Air nira dari aren merupakan minuman khas tradisional yang diambil dari  hasil fermentasi dari bahan gula dari sadapan tanaman aren (Arenga pinnata) yang disebut nira. Nira merupakan cairan manis yang mengucur dari tandan kelapa atau aren. Minuman nira yang sudah difermentasi memiliki pH asam dan mengandung alkohol 4-5%.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat tekan beton normal yang  direndaman menggunakan fermentasi air nira dibandingkan dengan beton normal yang direndam menggunakan air biasa. Benda uji berbentuk silinder yang berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm. pengujian dilakukan pada saat benda uji berumur 28 hari, dengan jumlah benda uji sebanyak 12 buah silinder dimana 6 buah silinder untuk beton normal yang direndam dengan air biasa dan 6 buah silinder beton normal. Pengujian dilakukan pada saat benda uji berumur 28 hari dengan menggunakan alat Compression Testing Machine (CTM).


Dari hasil penelitian didapatkan nilai kuat tekan beton normal (BN) sebesar 31,94 MPa dan nilai kuat tekan beton yang direndam menggunakan fermentasi air nira (BNFN) sebesar 25,34 MPa. Terjadi penurunan nilai kuat tekan beton sebesar 6,60 MPa atau 20,66% dari beton normal. Hal ini dikarenakan fermentasi air nira memiliki PH asam  yang dapat merusak beton sehingga menurunkan nilai kuat tekan beton.

Published
Aug 10, 2022
How to Cite
_, juanita. PENGARUH PERENDAMAN BETON MENGGUNAKAN FERMENTASI AIR NIRA TERHADAP NILAI KUAT TEKAN BETON. JURNAL HANDASAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-46, aug. 2022. Available at: <http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/handasah/article/view/669>. Date accessed: 13 may 2024.