Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi

  • Jimatul Arrobi Sekolah Tinggi Agama Islam Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (3) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (4) Mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz AlQur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (5) Mendeskripsikan faktor pendukung manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Ketua Program Al-Qur’an MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. Adapun Informan dalam penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Al-Qur’an dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan metode interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi telah dirumuskan secara jelas dengan menentukan tujuan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas sekolah; menetapkan standar pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; membangun kerjasama yang baik dengan kepala sekolah, ketua program Al-Qur’an, guru, siswa dan orang tua untuk mencapai target dan hasil yang maksimal; menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; dan menyusun perangkat pembelajaran tahfidz AlQur’an. (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sehingga persiapan dalam kegiatan pembelajaran dapat tersampaikan sesuai dengan yang telah direncanakan, (3) Evaluasi manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi dilakukan oleh kepala madrasah dan ketua program Al-Qur’an dalam bentuk kegiatan upgrading dan supervisi pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; melaksanakan mekanisme penilaian pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi sesuai tahapan; dan membuat buku laporan hasil evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an (Raport).

Published
Aug 23, 2021
How to Cite
ARROBI, Jimatul. Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 9-15, aug. 2021. Available at: <https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/mathscience/article/view/415>. Date accessed: 01 dec. 2021.